SEKILAS INFO

     » Maaf website masih dalam proses perbaikan
Senin, 30 Maret 2020 - 07:31:46 WIB
DINAS PPKB, PPPA DUKUNG KABUPATEN MADIUN DALAM MEMUTUS RANTAI VIRUS CORONA (COVID – 19)

Diposting oleh :
Kategori: umum - Dibaca: 35 kali

Virus Corona (Covid – 19) merupakan virus yang berasal dari negara China, tepatnya di Provinsi Wuhan sejak 31 Desember 2019. Virus ini menyerang saluran pernafasan manusia seperti SARS dan MERS. Virus ini ditularkan antar manusia melalui :

  1. Droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin yang kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan benda
  2. Kontak pribadi seperti menyentuk atau berjabat tangan
  3. Menyentuh benda atau permukaan dengan virus diatasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata sebelum mencuci tangan

Menurut Kepala Unit Penyakit Emerging dan Zoonosis WHO Dr. Maria Van Kerkhove pada CNBC menyatakan bahwa, “Virus ini ditularkan melalui tetesan, atau sedikit cairan, sebagian besar melalui bersin atau batuk.”

Dilansir Kompas.com, para peneliti menemukan bahwa virus itu bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu di udara dan menempel di permukaan benda, bergantung pada beberapa factor, seperti panas dan kelembapan.

World Health Organization (WHO) telah merilis status infeksi virus Covid – 19 sebagai kejadian luar biasa karena sudah berkembang ke seluruh dunia dan korban yang meninggal sudah mencapai ribuan. Virus Corona sendiri masuk ke Indonesia sekitar awal Maret 2020. Dari hari ke hari jumlah orang yang positif Covid – 19 terus meningkat. Jumlah yang meninggalpun juga meningkat.

Di berbagai negara yang sudah terlewati virus corona atau Covid – 19 ternyata yang sukses adalah yang bisa mengajak warganya untuk keluar rumah atau biasa disebut dengan “Social Distancing”. Dalam rangka mendukung pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona khususnya di Kabupaten Madiun. Dinas PPKB, PPPA mendukung melalui kegiatan Sosialisasi Virus Corona dengan menggunakan Mobil Unit Pelayanan sebanyak 3 unit.

Kegiatan tersebut diawali pada tanggal 25 Maret 2020 dengan memberikan sosialisasi kepada warga Kabupaten Madiun, bahwa pada tanggal 26 Maret akan dilakukan penyemprotan desinfektan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Madiun, yang mana kegiatan tersebut akan dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Madiun, Kaji Mbing. Sedangkan kegiatan Sosialisasi tentang virus Corona dilaksanakan mulai tanggal 26 Maret s/d 6 April di 15 Kecamatan yang ada.

Melalui sosialisasi, ini diharapkan masyarakat di Kabupaten Madiun mempunyai kesadaran tentang virus corona dengan :

  1. Membiasakan pola hidup yang bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  2. Tidak bergerombol, berkomunikasi dengan jarak minimal 2 meter
  3. Keluar rumah hanya dalam keadaan darurat/mendesak
  4. Jika batuk, ditutup menggunakan lengan atas bagian dalam atau gunakan masker.
  5. Memasakan daging dan telur sampai matang
  6. Menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi Vit E dan Vit C, buah sayur, olah raga secara teratur dan istirahat cukup.

Pada akhirnya dapat menerapkan “Bekerja dari rumah”, “Belajar dari Rumah”, dan “Ibadah dari Rumah”. Semoga dengan kegiatan Sosialisasi ini masyarakat Kabupaten Madiun terhindar dari virus Corona dan wabah Covid – 19 di negara Indonesia segera berlalu.